Roti Canai Malaysia

Roti Canai bisa disebut juga dengan Roti Cane, Roti Konde, atau Roti Maryam yang biasanya disajikan dengan Tehe Tarik dan Kari Kambing. Makanan yang berasal dari Negara Malaysia ini sekarang banyak disukai di berbagai Negara lainnya khususnya juga di Indonesia.

Roti Canai Asal Malaysia
Sumber: https://www.suara.com/health/2019/01/28/124003/pertama-di-dunia-roti-canai-rendah-gula-untuk-pengidap-diabetes

Makanan rumahan ini cara pembuatan nya sangatlah mudah buat dilakukan, karena bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah buat ditemukan. Roti asal Malaysia ini bisa kalian temukan di gerai mamak di Negara Singapura atau rumah makan aceh dan Sumatra Barat Indonesia. Di Negara Singapura sendiri roti tersebut memiliki nama Prata.

Citi khas dari roti tersebut adalah cara mengolah nya yang diolah dengan cara memanggang roti tersebut. Roti tersebut sangat nikmat dimakan jika masih baru keluar dari pemanggangan saat masih dalam keadaan panas. Saat yang tepat menikmati roti asal Malaysia tersebut adalah saat pagi hari kalian melakukan sarapan dengan menjadikan makanan itu menjadi sarapan kalian ditemani dengan the tari dan gerai kambing.

Jika kalian melihat dengan sangat seksama, roti ini bahan pengolahan nya hampir mirip dengan Keralla Porotta, dimana roti ini sangat pipih karena di buat dengan cara diputar dan kemudian membuat roti tersebut menjadi sangat tipis. Sesudah roti tersebut menjadi tipis kemudian roti itu dilipat hingga akhirnya dipanggang untuk tahapan akhir dari pembuatan Roti Canai.

Canai Indonesia

Masuknya Canai ke Indonesia adalah melalui arus migrasi Muslim India ke Kekesultanan Aceh dibagian Sumatra pada sekitar abad ke-17, setelah itu kemudian menyebar keseluruh Hindia Belanda sampai hingga sekarang Indonesia pada awal abad ke-19. Di Indonesia sendiri kalian bisa menemui banyak roti Canai dijumpai di Sumatra, terutama dibagian wilayah Aceh dan Sumatra. Hal tersebut kemudian yang membuat roti Canai kemudian menjadi masakan Melayu Sumatra.

Resep roti Canai yang perlu kalian ketahui jika mau membuat nya sendiri di rumah:

Bahan:

  1. 300 Gram tepung terigu
  2. 1 butir telur ayam
  3. 50 ml minyak goreng
  4. 150 ml air hangat
  5. 1 sendok makan susu bubuk
  6. ½ sendok the garam
  7. margarin secukupnya
  8. minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  • Buat adonan roti terlebih dahulu dengan menyatukan bahan – bahan di atas, mulai dari telur ayam, air hangat, dan minyak goreng. Kocok bahan tersebut dengan garpu dan aduk hingga rata. Tuang garam, tepung terigu, susu bubuk, dan gula halus. Uleni adonan sampai kalis dan tidak terasa lengket ditangan. 
  • Bulatkan adonan sesuai dengan ukuran yang diinginkan, lalu rendam adonan dalam minyak goreng. Tutup wadah dengan kain bersih, diamkan selama 1-2 jam.
  • Jika sudah, pipihkan gulungan adonan hingga benar-benar tipis, lalu oleskan mentega hingga merata. Buat adonan menjadi lebih panjang dengan menggulung adonan.
  • Gulung adonan secara berlawanan arah sampai terlihat seperti huruf S, kemudian satukan adonan.
Adonan Roti Canai
Sumber: https://delikkalbar.com/2019/10/12/rasanya-gurih-ini-resep-membuat-roti-cane-khas-dari-pontianak/
  • Sebelum di goreng, pipihkan kembali adonan roti canai hingga melebart. Ulangi langkah ini hingga 4-7 kali.
Cara Buat Roti Canai
Sumber: https://delikkalbar.com/2019/10/12/rasanya-gurih-ini-resep-membuat-roti-cane-khas-dari-pontianak/
  • Panaskan wajan tanpa minyak
  • Goreng adonan yang sudah menjadi pipih hingga kecoklatan, dan roti canai mu siap disantap!

Roti ini bisa dijadikan cemilan dan makanan berat loh, tergantung makanan apa yang menemani si Roti Canai ini. Dan ingat, semua bahan yang dasar tersebut bisa kalian kreasikan sesuai dengan kehendak dan selera kalian masing-masing! Selamat mencoba!

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *