Mengenal Balut, Telur Isi Embrio Bebek Khas Filipina yang Membuat kamu Merinding

Mengenal Balut, Telur Isi Embrio Bebek Khas Filipina yang Membuat kamu Merinding

balut

Mengenal Balut, Telur Isi Embrio Bebek Khas Filipina yang Membuat kamu Merinding – Nama Balut di Indonesia mungkin kedengar asing. Ya terang saja, karena beberapa hal yang bau Filipina, negara asal Balut kurang terkenal di Tanah Air.

Walau kedengar asing, tetapi CNN beberapa tahun kemarin masukkan Balut sebagai salah satunya makanan terekstrim di dunia. Mengapa ya? Maka Balut sebagai makanan khas Filipina berbentuk telur rebus yang berisi embrio bebek . Maka bisa dipikirkan, kamu makan embrio yang telah berbentuk bayi bebek, ada kaki, kepala, bahkan juga bulu-bulu.

Pedagang Balut benar-benar gampang diketemukan di pinggir-pinggir jalan ibukota Manila. Kemunculannya akan membuat kamu merinding, tetapi Balut malah jadi camilan di negara tersebut.

Ingin mengenali Balut lebih jauh?

Proses pembikinan yang tidak sesaat

Untuk membikin Balut, kamu memakan waktu beberapa minggu. Telur bebek yang hendak jadi Balut lebih dulu harus dieramkan sepanjang 14-21 hari sampai ada janin bebek dalam telur.

Bila proses pengeraman cuma 14 hari, karena itu Balut masih seperti telur tetapi dengan struktur yang lebih padat. Bila pengeraman dilaksanakan di atas 18 hari, karena itu telah ada bayi bebek dalam telur.

Sesudah proses pengeraman, baru telur dapat direbus sampai masak. Balut dikonsumsi dengan bumbu yang dibuat dari cuka untuk kurangi berbau amis khas telur.

Rasanya seperti telur biasa, Balut

Untuk melahap Balut, lebih dulu buka ujung cangkang. Kemudian, tambahkan bumbu yang dibuat dari cuka. Bumbu itu dibikin untuk menetralisir berbau amis khas telur.

Dari ujung cangkang, kamu akan menyaksikan kepala, paruh, sayap, sampai bulu-bulu alus yang melekat pada embrio. Kemunculan itu sudah pasti membuat kamu geli dan berasa jijik.

Dibalik performanya yang demikian menakutkan, rasanya rupanya seperti telur secara umum.

Kaya protein

Orang Filipina biasa melahap Balut saat malam hari. Karena itu Balut kerap dipandang seperti jajan saat malam hari yang paling sehat.

Kenapa dipandang sehat? Dalam sebutir Balut cuma memiliki kandungan sekitar 188 kalori, 14 gr lemak serta protein, 2 miligram zat besi, 116 miligram kalsium dan 619 miligram kolestrol.

Selainnya kaya gizi protein, Balut di-claim sebagai slot paling gacor makanan afrodisiak yakni makanan yang sanggup tingkatkan nafsu seksual walau tidak ada riset yang selanjutnya tentang ini.

Harga murah dan meriah

Nyaris setiap pojok jalanan di Manila ada pedagang yang jual Balut. Pedagang Balut umumnya berkeliling-keliling mengenderai sepeda motor atau buka lapak di tepi jalan.

Dipandang seperti makanan rakyat, sudah pasti harga Balut benar-benar murah dan meriah. Satu butir Balut dibandrol cuma 2 peso atau sekitaran Rp6 ribu rupiah.

Umumnya beberapa orang habiskan 2 butir Balut dalam sekali makan, karena itu keseluruhan uang dikeluarkan cuma Rp12 ribu. Benar-benar murah, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.