Chef Juna The Japanese Master

Junior Rorimpandey atau yang biasa kita kenal sebagai Chef Juna adalah salah satu juri ternama pada acara memasak MasterChef ini, lahir di Manado, Sulawesi Utara, Indonesia. Pria berdarah Timur ini lahir pada tanggal 20 Juli 1975.

Sebelum menjadi juri, Chef Juna sudah mengundurkan diri dari Restoran Jack Rabbit Jakarta yang menjabat sebagai Executive Chef pada akhir Juli 2011. Chef saat ini menjadi juri pada acara MasterChef Indonesia. Juna sudah menghabiskan 12 tahun di luar negeri, ia merupakan koki spesialis masakan Jepang dan juga masakan Perancis.

CHEF JUNA

Padahal profesinya yang kini mengangkat kepopulerannya adalah hasil dari sebuah “ketidak-sengajaan”, dimana sebelumnya ia mengikuti sebuah studi di Amerika untuk menjadi seorang pilot pesawat terbang. Lalu di Tahun 2016 bulan Oktober, Juna membuka restoran pertama yang bernama “Correlate“, berlokasi di dalam lobi gedung Menara Rajawali, Kuningan, Jakarta Selatan.

Perjalanan Hidup Chef Juna sampai Ke Dunia Memasak

Saat Chef Juna berusia 17 tahun, dia tergolong sebagai anak berandalan dimana Ia memiliki Geng bernama Bad Bones. Kelompokan anak ini selalu mengendarai Harley Davidson bersama, tanpa peduli kemanapun tujuan mereka. Saat lulus SMA, Juna sempat melanjutkan studinya di Universitas Trisakti dengan jurusan perminyakan. Juna pun pernah mengalami beberapa tragedi luar biasa di dalam hidupnya seperti diculik, di siksa, hampir ditembak, dan juga overdosis. Tatto yang ia buat juga sudah ada di saat usianya 15 tahun dengan mesin tattoo sendiri.

Lalu kemudian ia merubah pikirannya untuk memperbaiki dirinya, yang akhirnya mengambil keputusan untuk pindah ke Brownsville, Texas, Amerika Serikat pada tahun 1997. Ia menjual motor kesayangannya untuk mendapat biaya sekolah disana. Juna memasuki sekolah penerbangan dan berhasil lulus mendapat lisensi pilot.

Namun tidak lama setelahnya, sekolah penerbangan tersebut mengalami kebangkrutan ditambah krisis moneter yang terjadi pada tahun 1998 membuat orangtua Juna meminta ia untuk mencari uang sendiri. Nah disini lah awal dimana ia menjajaki karier sebagai seorang Chef..

chef juna

Chef Juna yang mau tidak mau menjadi pelayan di salah satu restoran Jepang, hanya agar mendapatkan pemasukan. Sampai suatu saat master Sushi di tempat ia bekerja; menawarkan diri untuk menjadikannya murid. Dengan kemampuannya yang cepat membuat Chef Juna dipromosikan agar mendapat Permanent Resident.

Juna yang merasa bosan dengan masakan Jepang akhirnya beralih ke restoran Prancis, The French Laundry yang terkenal dalam penilaian tinggi. Chef Juna yang belajar lagi dari awal, dididik agar bisa membuat masakan yang disajikan terlihat cantik namun tetap terasa nikmat dan sehat saat dimakan.

Sampai akhirnya Chef Juna berpulang ke tanah air, ia bekerja di Restoran Jack Rabbit sebagai Executive Chef hingga tahun 2011. Ia juga aktif sebagai juri di Program MasterChef Indonesia Season pertama, kedua dan juga kelima.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *