Archive for the 'Hak-Hak Buruh' Category

Hari Perempuan Internasional 2012 – akhiri kesenjangan upah!

Tidak ada kemajuan selama lebih dari satu decade untuk mengakhiri kesenjangan upah karena perbedaan jenis kelamin, menurut laporan terbaru yang dibuat ITUC (Frozen in time: Gender pay gap unchanged for 10 years).

Kesenjangan upah pada 43 negara menunjukkan kesenjangan ini yang berkisar antara 4% di Slovenia hingga 46% di Zambia, dengan rata-rata kesejangan upah sebesar 20% di tingkat global. Sektor-sektor yang mengalami kesenjangan upah terburuk adalah sector di mana densitas anggota serikat buruh juga upah adalah rendah, seperti hotel, restoran, dan pertanian.

Penemuan lain menunjukkan bukti bahwa diskriminasi terhadap perempuan banyak sekali terjadi pada fasilitas tanggungan keluarga. Di mana mayoritas pekerja laki-laki mendapatkan tunjangan untuk keluarga bahkan setelah mereka mencapai usia 40 tahun, sementara pekerja perempuan tidak mendapatkan fasilitas yang sama pada kelompok usia 30-39 tahun. Kenyataan ini dianggap telah mengurangi upah pekerja perempuan yang berkaitan dengan tunjangan anak.

Ini adalah waktu yang sangat tepat untuk serikat pekerja melakukan upaya yang sangat serius untuk menghentikan diskriminasi yang berkelanjutan terhadap perempuan. Konvensi ILO nomor 100 tentang Remunerasi yang ekual dan nomor 111 tentang Larangan Diskriminasi harus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari perundingan-perundingan yang dilakukan oleh serikat pekerja. Kedua konvensi ini bukan hanya merupakan konvensi utama ILO, tetapi juga adalah konvensi yang paling banyak diratifikasi oleh negara-negara di dunia, mencapai sekitar 168 dan 169 negara.

FSPM Berhasil untuk Menghentikan Upaya Pemberangusan Serikat di Hotel Guci Bandung


Fatal error: SUHOSIN - Use of preg_replace() with /e modifier is forbidden by configuration in /home/iufap202/public_html/ri/wp-content/plugins/thumbnail-viewer/wp-thumbnailviewer.php(78) : regexp code on line 78